hmmm.... setelah membaca jadi keingetan terus ah.. lebih baik di buat postingan aja mungkin aja kalau nanti lupa terus buka blog ini jadi inget lagi soalnya kalau baca buku perlu niat yang kuat hehe... kurang tahu bila ada langkah-langkah yang tapi menurut Prof.Dr.S.Nasution,M.A. dalam bukunya Didaktik Asas Asas Mengajar pada umumnya diikuti langkah-langkah berikut dalam memecahkan masalah secara ilmiah :
memahami masalah, ini adalah langkah pertama dalam penyelidikan ilmiah, masalah dirumuskan, dibatasi dengan teliti.
- Merumuskan Hipotesis atau jawaban yang mungkin memberi penyelesaian, dengan keterangan-keterangan yang diperoleh mungkin timbul suatu kemungkinan yang memberi harapan akan memecahkan masalah tersebut
- Mengumpulkan data atau keterangan, bila masalahnya telah jelas, dapatlah dikumpulkan keterangan-keterangan yang perlu dengan mengadakan penyelidikan lainnya
- Menilai suatu hipotesis,dengan jalan berpikir dapat diramalkan akibat-akibat suatu hipotesis. seandainya ternyata hipotesis ini tidak akan memberi hasil maka dimulai lagi langkah pertama dan kedua,
- Men tes atau mengadakan eksperimen, bila suatu hipotesis memberi harapan baik, maka hipotesis itu dicobakan,dites dengan eksperimen. adakalanya berhasil dan juga sebaliknya bila belum kembali lagi ke tahap 2 dan seterusnya.
- Membentuk kesimpulan, memberikan laporan tentang prosedur pemecahan masalah dengan menguraikan maknanya, mungkin ditemukan pula suatu hukum atau prinsip.
tak beda jauh dengan evaluasi program y? nuansa langkah-langkah untuk membuat skripsi dari nyari masalah sendiri sampai memecahkan masalah itu sendiri juga hehe....
Sumber :
Prof.Dr.S.Nasution,M.A.
Didaktik Asas Asas Mengajar
Penerbit : Jemmars Bandung (edisi keempat) 1982
Tidak ada komentar:
Posting Komentar