Joseph M. Juran (1962), memperkenalkan tiga proses kualitas (Pike dan Barnes,1996) dalam Dorothea Wahyu Ariani sebagai berikut :
Perencanaa kualitas, terdiri dari :
- identifikasi pelanggan, baik pelanggan internal maupun external
- menentukan kebutuhan pelangan
- mengembangkan karakteristik produk yang merupakan tanggapan terhadap kebutuhan pelanggan
- menyusun sasaran kualitas yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan pemasok sehingga dapat meminimalkan biaya
- mengembangkan proses yang dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan karakteristik tertentu
- memperbaiki atau meningkatkan kemampuan proses
Pengendalian kualitas, terdiri dari :
- memilih subyek atau dasar pengendalian
- memilih unit-unit pengukuran
- menyusun pengukuran
- menyusun standar kinerja
- mengukur kinerja yang sesungguhnya
- menginterprestasikan perbedaan antara standar dengan data nyata
- mengambil tindakan atas perbedaan tersebut
Perbaikan atau peningkatan kualitas, terdiri dari
- peningkatan kebutuhan untuk mengadakan perbaikan
- mengidentifikasi proyek-proyek perbaikan khusus
- mengorganisir proyek
- mengorganisir untuk mendiagnosis penyebab kesalahan
- menemukan penyebab kesalahan
- mengadakan perbaikan-perbaikan
- proses yang telah diperbaiki ada dalam kondisi operasional yang efektif
- menyediakan pengendalian untuk mempertahankan perbaikan atau peningkatan yang telah dicapai
Referensi :
Dorothea Wahyu Ariani.Manajemen Kualitas.2002. GHALIA INDONESIA. Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar