Minggu, 20 Juni 2010

Model Manajemen Kualitas Juran

Posted at 21.22 by thegudangupil
Joseph M. Juran (1962), memperkenalkan tiga proses kualitas (Pike dan Barnes,1996) dalam Dorothea Wahyu Ariani sebagai berikut :

Perencanaa kualitas, terdiri dari :

  • identifikasi pelanggan, baik pelanggan internal maupun external
  • menentukan kebutuhan pelangan
  • mengembangkan karakteristik produk yang merupakan tanggapan terhadap kebutuhan pelanggan
  • menyusun sasaran kualitas yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan pemasok sehingga dapat meminimalkan biaya
  • mengembangkan proses yang dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan karakteristik tertentu
  • memperbaiki atau meningkatkan kemampuan proses
Pengendalian kualitas, terdiri dari :
  • memilih subyek atau dasar pengendalian
  • memilih unit-unit pengukuran
  • menyusun pengukuran
  • menyusun standar kinerja
  • mengukur kinerja yang sesungguhnya
  • menginterprestasikan perbedaan antara standar dengan data nyata
  • mengambil tindakan atas perbedaan tersebut
Perbaikan atau peningkatan kualitas, terdiri dari
  • peningkatan kebutuhan untuk mengadakan perbaikan
  • mengidentifikasi proyek-proyek perbaikan khusus
  • mengorganisir proyek
  • mengorganisir untuk mendiagnosis penyebab kesalahan
  • menemukan penyebab kesalahan
  • mengadakan perbaikan-perbaikan
  • proses yang telah diperbaiki ada dalam kondisi operasional yang efektif
  • menyediakan pengendalian untuk mempertahankan perbaikan atau peningkatan yang telah dicapai

Referensi :
Dorothea Wahyu Ariani.Manajemen Kualitas.2002. GHALIA INDONESIA. Yogyakarta

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar