Karakteristik anak didik
a) Anak Didik Adalah Subjek
Anak didik adalah manusia, bukan benda ataupun hewan, karena itu anak didik harus dipandang sebagai subjek, yaitu pribadi yang memiliki kedirisendirian dan kebebasan dalam mewujudkan dirinya sendiri untuk mencapai kedewasaanya.
b) Anak Didik Sedang Berkembang
Manusia berada dalam proses perkembangan menuju kedewasaanya. Setiap tahap perkembangan memiliki “tugas-tugas perkembangan” tertentu dan menuntut perlakuan tertentu pula.
c) Anak Didik Hidup Dalam “Dunia” Tertentu
Setiap manusia dalam dunia-nya sesuai tahap perkembangannya, jenis kelaminya, dll.
d) Anak Didik Hidup Dalam Lingkungan Tertentu
Anak didik adalah subjek yang berasal dari keluarga dengan latar belakang lingkunagan alam dan sosial budaya tertentu. Oleh karena itu, anak didik akan memiliki karakteristik yang berbeda sebagai akibat dari pengaruh lingkungan dimana ia dibesarkan atau didik.
e) Anak Didik Memilik Ketergantungan Kepada Orang Dewasa
Hal ini ada karena anak mempunyai kekurangan dan kelemahan tertentu yang segoyanya masih butuh perlindungan, bimbingan dll dari orang yang dewasa atau pendidik.
f) Anak Didik Memiliki Potensi Dan Dinamika
Bantuan orang dewasa berupa pendidikan agar anak didik menjadi dewasa akan mungkin dicapai oleh anak didik. Hal ini disebabkan anak didik memiliki potensi untuk menjadi manusia dewasa dan ia memiliki dinamika, yaitu aktif sedang berkembang dan mengembangkan diri, serta aktif dalam menghadapi lingkungannya dalam upaya pencapian kedewasaanya.
Sumber/referensi
Untuk pembahasan lebih lengkap dan jelas silahkan baca buku berjudul Pedagogik Teoritis Sistematis
Tatang S, Kurniasih.Pedagogik Teoritis Sistematis. 2008. Percikan Ilmu:Bandung
Untuk pembahasan lebih lengkap dan jelas silahkan baca buku berjudul Pedagogik Teoritis Sistematis
Tatang S, Kurniasih.Pedagogik Teoritis Sistematis. 2008. Percikan Ilmu:Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar