Selasa, 17 Maret 2009

Pola-pola perkembangan Kognitif Jean Piaget

Posted at 04.37 by thegudangupil
Piaget mengemukakan proses anak sampai mampu berpikir seperti orang dewasa melalui 4 tahap:
Tahap sensori motor (0;0-2;0)
Kegiatan intelektual pada tahap ini hampir seluruhnya mencakup gejala yang diterima secara langsung melalui indera. Pada saat anak mencapai kematangan dan mulai memperoleh ketrampilan berbahasa, mereka mengaplikasikanya dengan menrapkan pada objek-objek yang nyata.
Tahap praoperasioal (2;0-7;0)
Pada tahap ini lambang-lambang bahasa yang dipergunakan untuk menunjukan benda-benda nyata bertambah pesatnya. Keputusan yang diambil hanya berdasarkan intuisi, buka berdsarkan analisis rasional.
Tahap operasional konkrit (7;0-11;0)
Kemampuan berpikir logis muncul pada tahap ini. Mereka dapat berpikir secara sistematid untuk mencapai pemecahan masalah. Pada tahap ini permasalahan yang dihadapinya adalah permasalahan konkrit.
Tahap operasional formal (11;0-15;0)
Tahap ini ditandai dengan pola berpikir orang dewasa. Mereka dpat mengaplikasikan cara berpikir terhadap permasalahan dari semua kategori, baik yang abstrak maupun yang konkrit. Pada tahap ini anak sudah dpat memikirkan buah pikiranya, dapat membentuk ide-ide, berpikir tentang masa depan secara realistis.

Sumber
Sumantri M, Syaodih N :2007.Perkembangan Peserta Didik

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar