Sabtu, 25 Juni 2011

Memanfaatkan Tools Personal Information Management (PIM) Untuk Komunitas Belajar

Posted at 23.40 by thegudangupil
    Tidak bisa kita pungkiri lebih dari kegiatan pribadi dan profesional kita masuk ke dunia internet, menciptakan nilai-nilai secara khusus dan berkembang, hampir setiap foto, dokumen,berita baru, jurnal, artikel, album musik, kita akses dan simpan dalam bentuk digital. PIM adalah salah satu teknologi penyimpanan, pengelolaan dan berbagi baik itu foto, artikel, jurnal, berita baru dan lainya dengan praktis yang dapat digunakan oleh komunitas belajar, Dalam hal ini William J dan Harry B (2005) menjelaskan, Personal Information Management mengacu baik praktek dan studi tentang kegiatan orang melakukan dalam rangka untuk memperoleh, mengatur, memelihara dan mengambil informasi untuk penggunaan sehari-hari.
   Sebenarnya tools PIM ini banyak jenisnya namun saya akan mencontohkan salah satu tools dari PIM yang dapat diterapkan dalam komunitas belajar apalagi dengan adanya teknologi Web 2.0 yang notaben nya di era web 2.0 kita akan mendapat kemudahan dalam mencari, mengelola, berkolaborasi dan berbagi informasi dengan PIM ini, dan juga memungkinnya kolaborasinya PIM dan layanan-layanan lainya yang mendukung teknologi web 2.0. apa itu Web 2.0? Wahono (2009) Web 2.0 adalah tren layanan web yang bertujuan untuk memfasilitasi kreatifitas dalam sebuah komunitas berbasis web, diantaranya adalah sharing informasi, sindikasi informasi, dan kolaborasi atau diskusi antar pengguna.
   Diharapkan PIM ini membantu dalam mengelola dan berbagi informasi secara mudah dan cepat seuai yang dibutuhkan oleh suatu komunitas belajar. Contoh tools PIM misal Diigo, Springpad,AddThis dll.

   Cara kerja PIM ini mudah misal seseorang dalam komunitas belajar kesehatan, bila ada informasi tentang kesehatan, pengguna bisa langsung membagikanya via fasiltas share ke jejaring sosial yang sudah menjadi media kolaborasi komunitas tersebut atau disimpan untuk nanti dibagikan dalam repositori komunitas belajar tersebut, pada dasarnya dengan adanya PIM ini diharapkan adanya efektivitas dalam berbagi informasi atau pengetahuan dalam mencapai tujuan belajar yaitu perubahan perilaku, baik dari segi pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai hasil interaksi komunitas belajar itu dengan lingkungan pembelajaran yang mendukung terhadap proses belajar tersebut. Sekian dan semoga pendidikan Indonesia semakin berinovasi dan maju.


Daftar Pustaka
William J. and Harry B. (2005).A Report 1 on the NSF-Sponsored Workshop on Personal     Information Management. Seattle, Washington: [eBook]
Wahono. (2009). Science 2.0 : Paradigma Baru Penyebaran Ilmu Pengetahuan Secara Online. Jakarta : Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar