Minggu, 26 Juni 2011

Blogilicious van Bandung : Giliran Bandung menjadi kota singgah roadblog blogilicious idblognetwork kami pun bertemu.

Posted at 20.14 by thegudangupil
   Blogilicious van Bandung salah satu tema lomba dari sebuah rangkaian acara roadblog yang diselenggarakan oleh idblognetwork di kota Bandung beberapa waktu lalu, pertama kali penulis datang ke acara tersebut dalam benak penulis sedikit berkomentar bagus juga desain konsep ruangan acaranya namun penulis merasakan ada yang lebih dari itu setelah melewati meja pendaftaran, kenapa? karena di acara yang di adakan oleh idblognetwork tersebut penulis bertemu kembali dengan beberapa blogger lama baik yang sudah tidak nge-blog tapi punya blog ataupun punya blog namun jarang posting, biasanya itu penuturan beberapa blogger termasuk penulis hehe..., itu yang saya dapat ungkapan pertama kali datang ke acara Blogilicious dari idblognetwork ini. hmmm... hampir lupa satu lagi saya tak akan berada di acara Blogilicious Bandung itu kalau tidak di ajak oleh seseorang blogger muda yang cantik karena dia seorang wanita :) tepatnya ia seseorang yang komentar di bawah postingan ini dengan nickname nengratna hehe....
    Dengan niatan awal hanya untuk mengisi hari libur daripada ke Car Free Day (CFD) yang sudah sering didatangi, lebih baik bersilaturahim dan bertemu dengan orang-orang yang baru tentunya sekaligus mendapat ilmu ternyata selain itu penulis dapat bonus, bonus yang diharapkan oleh penulis tentunya tapi tidak terbayang sebelumnya, bonusnya, ya masih kehitung oleh 5 jari, bonus apa yang kehitung lima jari? bonus tersebut adalah bertemu dengan rekan-rekan lama sesama dan lintas komunitas blogger Bandung yang dulu sering bertemu tapi karena acara-acara seperti yang diadakan idblognetwork dan sejenisnya ini khususnya di kota Bandung sedikit jarang, jadi ajang silaturahim pun untuk para blogger dalam komunitas-komunitas tersebut menjadi berkurang, saya ucapan terima kasih kepada idblognetwork atas acaranya kerena bagi penulis sendiri dengan bonus tersebut suatu anugrah dapat  bersua lagi dengan beliau-beliau dan sedikit melakukan kopdar mini hehe... *maaf panitia membuat acara didalam acara hehe..

    Singkat cerita mengenai acara blogilicious van bandung rangkaian acara satu hari yang cukup padat di mulai dengan penyajian materi Tips dan trik dalam Blogging dari mas Ikhlasul Amal dengan ciri khasnya dalam setiap menyampaikan suatu materi di lanjut dengan Etika Blogging oleh bu Raden Ajeng N Purwaningsih yang ternyata bu Ajeng ini adalah seorang dosen FK UI yang mengelola beberapa blog salah satunya dengan url http://www.muslimah.web.id/ hebatnya dosen aktif dalam kegiatan seperti ini kalau tidak salah dengar begituh *hehe.. ketahuan sedikit tidak memperhatikannya tapi kalau ingat ibu Ajeng ini pasti inget dengan username twitternya @ajengkol, unik y?, kemudian acara dilanjut penyajian materi dari sponsor y? kayanya dari berniaga.com yang dibawakan oleh Pak Julian yang intinya lebih ke cara berbisnis iklan di berniaga.com ayo siapa yang tertarik? selanjutnya diikuti dengan materi tentang sosial media yang menurut saya lebih ditekankan pada salah satu layanan jejaring sosial microblogging twitter yang disajikan oleh mbak Wiwik yang beliau juga mempunyai blog beralamat di http://www.wiwikwae.com/, dan terakhir dari Pak Rawi Wahyudiono dengan materinya blogpreuneur itulah materi terakhir yang penulis ikuti di acara tersebut karena ada beberapa kegiatan dengan berat hati penulis harus segera meninggalkan acara tersebut.

Untuk harapan terhadap acara roadblog penulis rangkum dalam tiga poin, sebagai berikut :
  1. Pertama harapan dari penulis untuk acara seperti roadblog ataupun acara sejenisnya yang nantinya mungkin akan diadakan lagi oleh idblognetwork atau yang lainya diharapkan menampilkan para narasumber mungkin dari para blogger sendiri yang sudah menjadi pelaku kegiatan atau member idblognetwork sendiri, kemudian para blogger yang pernah atau sering mengikuti program-program seperti idblognetwork dll dan telah merasakan manfaatnya dari mengikuti program-program tersebut, menurut saya dengan menampilkan narasumber seperti mereka akan menjadi motivasi tersendiri bagi para blogger yang ingin dan mempunyai niatan meraih uang atau berbisnis dari blognya sendiri.
  2. Kedua diharapakan pada acara-acara seperti ini ikut serta dalam membangun jiwa-jiwa blogger untuk menjadi dirinya sendiri dalam melakukan kegiatan blogging dan menjadikan blogger sejati.
  3. Ketiga mungkin karena hanya terjadi di Kota Bandung karena khusus di acara roadblog blogilicious di Bandung tidak ada komunitas yang menjadi patner, jadi penulis mengarapkan  mengikut serta kan komunitas-komunitas blogger lokal ataupun antar region dalam suatu acara tersebut, merangkul komunitas-komunitas tersebut untuk ikut berperan serta, turut serta memperkenalkan komunitas-komunitas tersebut kepada para blogger lainya kerena belum tentu para blogger tersebut mengetahui komunitas-komunitas independen yang ada di daerahnya masing-masing mungkin dengan mengikutsertakan komunitas-komunitas tersebut akan lebih menjadi daya tarik tersendiri baik secara bisnis ataupun dilihat dari segi lainya dan diharapakan para komunitas tersebut bukan hanya sebagai panitia namun lebih menjadi patner karena bisa jadi dengan ada nya komunitas-komunitas tersebut menumbuhkan semangat nge-blog secara psikologis dan keinginan untuk bersilaturahim.
  4. Terakhir harapan penulis sendiri lebih pada konsep acara mungkin akan lebih baik acara seperti ada seminarnya dan workshopnya juga terhadap suatu topik agar acara lebih fokus dan dinamis serta menekankan pada pemahaman kognitif serta psikomotorik pada peserta.
  Kemudian saya sedikit mendengar sering adanya berita tentang komunitas-komunitas blogger khusus kota Bandung sudah di seaktif dahulu kembali namun menurut pandangan penulis aktif disana masih relatif karena di milis komunitas masih terlihat aktif, untuk  khusus di bandung sendiri komunitas blog yang independend ada Bandung Blog Village (BBV)  komunitas blog regional pertama di Indonesia yang berdiri pada 5 Juli 2002 dan Bandung Kota Blogger (Batagor) yang berdiri 1 Januari 2008, *hanya sekedar info saja hehe... 
  Akhir kata dari saya meski tak mengikuti acaranya sampai selesai dari konsep acara sungguh menarik, sukses selalu untuk idblognetwork dan sukses untuk acara roadblog blogiliciousnya semoga tahun depan ada lagi dengan konsep yang lebih baik dan lebih menarik serta selamat berlomba untuk para peserta lomba Semi SEO khusus Bandung bertema Blogilicious van Bandung wilujeng mencurahkah segala kratifitasnya termasuk saya juga y? hehe..., salam sukses semuanya! hidup Blogilicious van Bandung!


blogilicious van bandung ----- Blogilicious Van Bandung ---- BLOGILICIOUS VAN BANDUNG blogilicious van bandung, Blogilicious Van Bandung

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar