Senin, 28 Maret 2011

Peranan Guru dalam Motivasi Belajar Siswa

Posted at 00.43 by thegudangupil
Sumber Gambar klausco.com
    Kali ini saya akan sedikit berbagi resume dari sub pokok bahasan dari sebuah buku terbitan 1992/1993  semoga konten pengetahuanya bisa menambah wawasan kita, postingan ini berkaitan dengan peranan seorang guru atau pendidik dalam motivasi belajar siswa,.Dalam upaya meningkatkan motif belajar siswa, guru memepunyai peranan yang sangat besar, antara lain adalah 
  1. Mengenal Setiap siswa yang diajarnya secara pribadi, dengan mengenal setiap siswa secara pribadi, maka guru akan mampu memperlakukan setiap siswa secara tepat.
  2. Memperlihatkan interaksi yang menyenangkan, interaksi yang menyenangkan akan menimbulakan suasna tenang, nyaman, sehat dan aman dalam kelas.
  3. Menguasai berbagai metode dan teknik mengajar dan menggunakanya secara tepat, penguasaan berbagai metode dan teknik mengajar serta penerapanya secara tepat membuat guru mampu mengubah-ubah cara mengajarnya sesuai dengan karakteristik siswa dan kelas.
  4. Menjaga Suasana kelas supaya para siswa terhindar dari konflik dan frustasi, suasana konflik dan frustasi di kelas enimbulkan gairah belajar siswa menurun, perhatian mereka teralihkan kepada upaya menghilangkan konflik dan frustasi itu.
  5. Memeperlakukan siswa sesuai dengan keadaanya dan kemampuanya, sebagai kelanjutan dari pemahaman siswa secara pribadi.
   Dengan penerapan peranan seperti diatas diharpakan guru mampu menempatkan diri dala lingkungan siswa secara tepat dan pada akhirnya guru dapat menggunakan teknik motivasi secara tepat baik dalam suasana kelompok ataupun individual.  Selamat memahami dan mencoba....!!



Sumber Buku
Psikologi Pendidikan
Rochman Natawidjaya
H.A. Moein Moesa
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi 
1992/1993

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar