Minggu, 13 Februari 2011

Selayang Pandang Sejarah Turbo Pascal

Posted at 06.50 by thegudangupil
    Dr. Niklaus Wirth dari Swiss Federal Institute of Technology (ETH- Zurich) secara lengkap mengembangkan bahasa pemrograman berstruktur tinggi, Pascal  pada tahun 1970, Pengembangannya berdasar pada gaya penyusunan blok dari pemrograman ALGOL, sebuah bahasa pemrograman yang dikhususkan bagi komputasi scientific. Bahasa pemrograman Pascal yang sangat berorientasi pada data, memberi programmer kemampuan untuk mendefinisikan jenis-jenis data tertentu.      
   Kemampuan Pascal yang “sangat mirip bahasa sehari- hari” membuatnya sangat mudah untuk memahami kode-kode yang tertulis. Hal ini membuat Pascal diadopsi sangat luas sebagai bahasa pengajaran dan memang diperuntukan untuk itu. Dr. Niklaus Wirth dari Swiss Federal Institute of Technology (ETH-Zurich), yang merupakan anggota grup yang membuat ALGOL. Tahun 1971, dia menerbitkan suatu spesifikasi untuk highly- structured language (bahasa tinggi yang terstruktur) yang menyerupai ALGOL
    Turbo Pascal merupakan pengembangan perangkat lunak sistem yang mencakup kompilator dan sebuah lingkungan pengembangan terpadu (IDE, Integrated Development Environment) untuk bahasa pemrograman Pascal berjalan pada CP / M, CP/M-86, dan DOS, yang dikembangkan oleh Borland di bawah kepemimpinan Philippe Kahn. pada awalnya Pascal dikembangkan oleh Niklaus Wirth dan berdasarkan bahasa pemrograman ALGOL, dinamai Pascal untuk menghormati ahli matematika dan filsuf Perancis Blaise Pascal. Sebelum karyanya pada Pascal, Wirth telah mengembangkan Euler dan ALGOL W dan kemudian melanjutkan untuk mengembangkan bahasa Pascal-seperti Modula-2 dan Oberon. 
    Awalnya, Pascal yang dimaksudkan untuk mengajarkan para siswa pemrograman terstruktur. Varian Pascal juga sering digunakan untuk segala sesuatu dari proyek-proyek penelitian untuk game PC dan embedded system. Kompilator Pascal yang lebih baru ada yang digunakan secara luas.
   Pascal adalah bahasa tingkat tinggi utama yang digunakan untuk pembangunan di Apple Lisa, dan pada tahun-tahun awal Mac. Bagian dari sistem operasi Macintosh asli tangan-diterjemahkan ke dalam bahasa assembly Motorola 68000 dari sumber Pascal. Sistem typesetting TeX populer oleh Donald E. Knuth ditulis di WEB, sistem pemrograman yang asli melek, berdasarkan Desember PDP-10 Pascal, sedangkan aplikasi seperti Total Commander ditulis dalam Delphi (Object Pascal). Object Pascal masih banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi Windows seperti Skype.
  Awal niat dari pembuatan Pascal adalah untuk membuat bahasa yang efisien (tentang baik kecepatan kompilasi dan kode yang dihasilkan) berdasarkan pemrograman terstruktur apa yang disebut, sebuah konsep yang baru-baru ini menjadi populer. Pascal berakar dalam bahasa ALGOL 60, tetapi juga memperkenalkan konsep dan mekanisme yang (di atas skalar ALGOL dan array) programmer dan diaktifkan untuk menentukan sendiri kompleks mereka (terstruktur) tipe data, dan juga membuat lebih mudah untuk membangun dinamis dan rekursif struktur data seperti daftar, pohon dan grafik. 
  Pascal, seperti banyak bahasa pemrograman saat ini (namun tapi tidak seperti kebanyakan bahasa dalam keluarga C), memungkinkan bersarang definisi prosedur untuk setiap tingkat kedalaman, dan juga memungkinkan sebagian besar jenis definisi dan deklarasi di dalam prosedur dan fungsi. Hal ini memungkinkan sintaks yang sangat sederhana dan koheren di mana sebuah program lengkap sintaksis hampir identik dengan prosedur tunggal atau fungsi (kecuali untuk kata kunci itu sendiri)

   Pascal, dalam bentuk aslinya, adalah bahasa murni prosedural dan termasuk array tradisional ALGOL struktur kontrol . 
Reference

Pengenalan Turbo Pascal

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar