Rabu, 16 Februari 2011

Selayang Pandang Cloud Computing

Posted at 07.06 by thegudangupil
  
ilustrasi dari net-security.org
    Mungkin para pembaca sering atau pernah mendengar Cloud Computing? namun terkadang kita juga bingung sebenarnya cloud computing itu apa? untuk apa?  bagaimana? dan seperti apa?, pada postingan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang cloud computing secara general dan selayang pandangnya saja untuk lebih memahami mungkin anda bisa mengunjungi referensi web di bawah postingan ini,
   Cloud Computing atau Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari  internet, Sebagai sebuah metafora untuk Internet, "cloud" adalah klise akrab, tetapi ketika dikombinasikan dengan "komputasi," mendapat makna yang lebih besar dan fuzzier, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Cloud ini adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan,  sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet  tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.
    Ada sebuah pendapat Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, , handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain."  Sebuah contoh sederhana dari cloud computing adalah email Yahoo atau Gmail dan lainya yang sejenis, anda tidak perlu perangkat lunak atau server untuk menggunakannya bukan? Semua konsumen akan hanya membutuhkan koneksi internet dan anda dapat mulai mengirim email. Server dan perangkat lunak manajemen email adalah semua di atas awan (internet) dan benar-benar dikelola oleh operator  cloud Yahoo dan Gmail  konsumen bisa menggunakan perangkat lunak sendirian dan menikmati manfaatnya.  Cloud COmputing dibagi menjadi tiga segmen

  1.  aplikasi 
  2. platform
  3.  infrastruktur"

Setiap segmen melayani tujuan yang berbeda dan menawarkan produk yang berbeda untuk bisnis dan individu di seluruh dunia.

  • Rittinghouse mendefinisikan Cloud komputasi sebagai sumber daya yang tersedia sebagai layanan untuk pusat data virtual.
  • Menurut Furht, Cloud komputasi dapat didefinisikan sebagai gaya baru komputasi di mana sumber daya secara dinamis scalable dan sering virtualisasi disediakan sebagai layanan melalui Internet.
      Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren-tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Cloud computing merupakan evolusi alami dari luasnya adopsi virtualisasi, arsitektur berorientasi layanan, otonom dan utilitas komputasi. Rincian diabstraksikan dari pengguna akhir, yang tidak lagi memiliki kebutuhan untuk keahlian dalam, atau kontrol atas, infrastruktur teknologi "cloud" yang mendukung mereka. 
    Cloud computing menggambarkan suplemen baru, konsumsi, dan model pengiriman untuk layanan TI berbasis protokol internet, dan biasanya melibatkan penyediaan sumber daya secara dinamis skalabel dan umunya berbentuk virtualisasi.  Ini adalah produk sampingan dan konsekuensi dari kemudahan akses ke situs komputer remote yang disediakan oleh Internet.

Vidio Tentang Cloud Computing


Video 2

Referensi bacaan :

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar