Pengawasan Satuan Pendidikan
Pengawasan Satuan Pendidikan A. Konsep Dasar dan Fungsi Pengawasan di bidang Pendidikan
Pada dasarnya pengawasan merupakan sesuatu yang sangat esensial dalam kehidupan organisasi untuk menjaga agar kegiatan-kegiatan yang dijalankan tidak menyimpang dari rencana yang telah ditetapkan. Dengan pengawasan akan diketahui keunggulan dan kelemahan dalam pelaksanaan manajemen, sejak dari awal, selama dalam proses, dan akhir pelaksanaan manajemen. Fungsi pengawasan dalam manajemen dapat digambarkan sebagai berikut :

klik 2x pda gambar untuk memperbesar..
B. Fungsi Pengawasan
• Secara umum bahwa hasil pengawasan dapat memberikan manffat bagi perbaikan dan peningkatan efektivitas proses manajemen organisasi.
• Secara khusus
Mengusahakan suatu struktur yang terorganisir dengan baik dan sederhana untuk menghilangkan salah pengertian diantara personil sekolah
Mengusahakan supervise yang kuat untuk menghilangkan “gap” yang terjadi dalam keseluruhan program sekolah
Mengusahakan informasi yang akurat dalam rangka pembuatan keputusan dan penilaian terhadap pelaksanaan pendidikan.
C. Proses Pengawasan dan Penilaian Satuan Pendidikan SD Labschool UPI
Pengawasan terdiri dari kegiatan-kegiatan yang merupakan upaya agar peristiwa dan kegiatan dalam organisasi serasi dengan rencana. Bagan hubungan standar penilaian dan koreksi terhadap penyimpangan yang terjadi

klik 2x pda gambar untuk memperbesar..
D. Karakteristik Pengawasan yang Efektif
Seperti yang dikemukan Oteng Sutisna,1986
o Pengawasan disesuaikan dengansifat dan kebutuhan organisasi
o Pengawasan diarahkan pada penemuan fakta-fakta tentang bagaimana tugas-tugas dijalankan.
o Pengawasan mengacu pada tindakan perbaikan.
o Pengawasan yang dilakukan bersifat fleksibel yang preventif.
o Sistem pengawasan dapat dipakai oleh orang-orang yang terlibat dalam pengawasan
o Pelaksanaan pengawasan harus mempermudah tercapainya tujuan-tujuan.
E.Pengawasan Pendidikan di Sekolah
Dalam Pendidikan di sekolah pengawasan dipakai dalam dua arti:
• Pengawasan meliputi kegiatan mengarahkan dan membimbing maupun menilik, mempertimbangkan, serta menilai
• Pengawasan yang menyediakan kondisi yang perlu untuk menyelesaikan tugas kewajiban dengan efektif dan efisien.
Dari konsep tersebut, pelaksanaan pengawasan di sekolah seharusnya mencakup pengendalian yang bersifat administrative dan akdemik atau proeses pengajaran.
Sumber
Untuk bacaan lengkapnya di
Intisari dari buku Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan..2007. UPI Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar