Selasa, 10 Juni 2008

Teori Naturalisme Romantic

Posted at 05.39 by thegudangupil
Naturalisme Romantic
Pandangan Naturalime Romantic ini dipelopori oleh seorang filsuf Perancis J.J.Rouseou. pandangannya lebih ditekankan pada sifat hakekat anak, sehingga mempengaruhi konsepnya mengenai pembinaan terhadap perkembangannya. Roseou berpendapat bahwa semua anak yang baru dilahirkan mempunyai pembawaan baik dan tidak ada seorangpun yang lahir dengan pembawaan buruk. Namun pembawaan baik itu akan rusak karena dipengaruhi oleh lingkungan atau pengaruh kebudayaan manusia itu sendiri. Pendidikan yang diberikan orang dewasa malahan dapat merusak pembawaan anak yang baik itu. Dalam konteks kurikulum, Romantic Naturalisme hanya memusatkan perhatian pendidikan pada fungsi “transfer” dari apa yang telah terjadi dan apa yang sedang terjadi. Naturalisme Romantik atau humanisme psikedelik, yang memandang bahwa manusia pada dasarnya adalah baik dan aktif. Pusat pemerubahan perilaku komunikan atau pembelajaran pada teori ini berpusat pada perasaan dan kemanusiaan. Dalam teori ini, belajar pada manusia tinggal mengkondisikan lingkungan sekitarnya supaya bebas dari hal-hal yang jelek supaya tidak mempengaruhi manusia. Lebih jauh Rousseau beranggapan bahwa dunia anak-anak lebih membutuhkan hal-hal yang praktis dan bukannya pengajaran dan instruksional. Berdiskusi secara interaktif lebih baik dibandingkan dengan penggunaan komunikasi searah.

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar