Rabu, 01 Juni 2011

Program Latihan Profesi (PLP) di SMA Negeri 9 Bandung

Posted at 16.59 by thegudangupil
    Serasa sudah lama tak menulis kembali di blog ini, kali ini penulis akan berbagai sedikit cerita tentang pengalaman penulis yang telah mengikuti kegitan Program Latihan Profesi yang diadakan oleh kampus penulis di SMA Negeri 9 Bandung,  kampus penulis adalah Universitas Pendidikan Indonesia, kampusku ini menjadikan Program Latihan profesi (PLP) sebagai media untuk membina calon tenaga guru dan tenaga kependidikan lainnya secara profesional, bertanggung jawab dan disiplin dalam kegiatan pembelajaran khusus untuk semua mahasiswa yang mengambil program sarjana kependidikan.
     Program Latihan Profesi (PLP) kependidikan merupakan satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Orientasi pelaksanaan PLP yaitu untuk memberi bekal pengalaman langsung tentang profesi guru, sehingga setelah menyelesaikan pendidikannya mahasiswa siap untuk mengemban tugas sebagai guru yang profesional. dengan diselenggarakannya kegiatan PLP diharapkan mahasiswa memperoleh pengalaman dalam dunia pendidikan yang lebih khusus lagi dalam dunia mengajar di sekolah secara faktual dan kontekstual dengan berpedoman pada kurikulum yang telah ada. Pengalaman tersebut meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam profesi pendidik serta mampu menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, baik disekolah maupun diluar sekolah dengan penuh rasa tanggung jawab.
     Selain itu mahasiswa yang mengikuti kegiatan PLP juga diharapkan dapat memperoleh pengalaman langsung tentang tugas pokok dan fungsi profesi guru dan dinamika kehidupan dunia kependidikan atau lingkungan kehidupan persekolahan. Dengan demikian, melalui Mata Kuliah PLP mahasiswa sebagai calon pendidik dapat belajar beradaptasi dengan menjalankan tugas profesi pendidik.
    Pelaksanaan PLP semester genap tahun ajaran 2010/2011 Universitas Pendidikan Indonesia dilaksanakan mulai bulan Februari 2011 sampai dengan bulan Mei 2011. Lokasi PLP penulis adalah di SMAN 9 Bandung yang beralamat di Jl. LMU 1 Suparmin No1A Husein Sastranegara.Bandung
Adapun Jadwal kegiatan penulis setiap minggunya sebagai berikut :

No.
Hari
Waktu
Kelas
Kegiatan
1
Senin
06.30-14.30 WIB

Upacara dan Piket
2
Selasa
10.20-11.50 WIB
XI IPA 1
Mengajar Mapel TIK
3
Rabu
08.35-10.05 WIB
XI IPA 2
Mengajar Mapel TIK


*10.20-11.50 WIB
XI IPA 3
Mengajar Mapel TIK
4
Jum’at
07.00-07.40 WIB
X 2
Mengajar Mapel TIK
5
Sabtu
09.00-11.00 WIB
Ekskul ICT
Mengajar Bahasa Pemograman Web
*Bila praktikan lain tidak bisa hadir

   Selama melaksanakan PLP di SMAN 9 Bandung, penulis banyak sekali mendapat pengalaman yang diperoleh untuk mengembangkan kemampuan penulis sebagai calon guru (cagur) hehe... Namun disamping itu, penulis pun mengalami banyak berbagai hambatan-hambatan dalam melaksanakan PLP namun itu menjadi sebuah pelajaran berhaga yang menjadi sebuah renungan dan evaluasi untuk kedepanya.

Berikut selayang pandang suasana di SMAN 9 Bandung






dan ini lab komputernya tempat penulis mengajar Turbo Pascal, Web Programming, Visual Basic dan Jaringan Komputer

Lagi olahraga :



Sekian sedikit cerita kecerian PLP di SMAN 9 Bandung.

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar