Kamis, 05 Mei 2011

Pembelajaran dengan Smartphone

Posted at 08.44 by thegudangupil
     Smartphone menawarkan kekayaan tools yang menawarkan dukungan untuk belajar, baik itu menggunakan internet ataupun menggunakan aplikasi. Internet pada smartphone secara umum digunakan untuk mengumpulkan informasi melalui mesin pencari, dan juga bisa untuk mengakses dokumen berbasis web untuk pengolah kata dan spreadsheet melalui layanan seperti Google, Etherpad docs atau Zoho Doc. kemudian untuk aplikasi, seperti aplikasi Mind Map untuk membantu mengorganisasikan pikiran dan ide-ide dan aplikasi bantuan belajar yang memungkinkan misal tes pilihan ganda mandiri serta aplikasi note dan masih banyak aplikasi lainya yang bisa digunakan.
Sumber gambar www.mobilebehavior.com
lingkungan belajar dengan smartphone ini bisa menjadi alat pendidikan yang digunakan untuk membantu peserta didik dalam pembelajaran misalnya membuat peta konsep,  surfing internet untuk kepentingan informasi yang update dan mengintegrasikan pelajaran dan tugas secara online dengan tidak perlu keluar kelas ataupun pembelajaran jarak jauh.


Pembelajaran dengan Smartphone ini adalah sebuah suplemen untuk sebuah pembelajaran, yang cukup inovatif dengan menggunakan sebuah gadget yang sedang dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat khususnya remaja dengan seiring ketatnya persaingan pasar smartphone yang mengakibatkan harga juga cukup bersaing pula agar masyarkat membeli produk mereka.
Dengan Smartphone peserta didik bisa menggunakan ponsel mereka untuk merekam pembelajaran atau karya pembelajaran mereka, berbagi karya dan ide, dan mendiskusikan karya mereka sendiri, termasuk posting video di situs jaringan pribadi dengan teman di luar kelasnya ataupun siapapun.
Sumber gambar http://www.edweek.org
dengan berbagai keuntungan yang bisa digunakan di dunia pendidikan, smartphone juga mudah di bawa kemana-mana dan memungkinkan untuk pembelajaran jarak jauh.
\
berbagai merek smartphone telah hadir dengan banyak fitur-fitur yang menarik ditawarkan, akan menjadi suatu pilihan untuk pembelajaran menggunakan gadget ini,

semoga apapun yang baik untuk dijadikan sebuah media pendidikan bisa menjadi sebuah pilihan untuk pembelajaran yang lebih menyenangkan dan inovatif, 
Salam Pendidikan!

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar