Sabtu, 09 April 2011

Metode Penelitian Eksperimen - True Experimental Design

Posted at 18.20 by thegudangupil
    Pada postingan ini saya akan berbagi sebuah resume dari sebuah buku penelitian yaitu dari sub pokok Metode Penelitian Eksperimen dengan bahasan tentang True Experimental Design.
   Dalam desain ini, peneliti dapat mengkontrol semua variable luar yang mempengaruhi jalanya eksperimen. ciri utama dari true experimental adalah sampel yang digunakan untuk eksperimen maupun sebagai kelompok kontrol diambil secara random dari populasi tertentu. Design True Experimental dikemukan oleh Sugiyono (2011:75) ada dua bentuk yaitu :
Posttest Only Control Design
R  X  O2
R       O4
    Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random (R). kelompok pertama di beri perlakuan (X) dan kelompok yang lain tidak. Kelompok perlakukan disebut kelompok eksperimen dan kelompok tidak dikenakan perlakukan disebut kelompok kontrol. pengaruh adanya perlakuan (treatment) adalah (O1:O2). dalam penelitian sesungguhnya, pengaruh treatment dianalisis dengan uji beda, pakai statistik t-test misalnya, kalau terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, maka perlakukan yang diberikan berpengaruh secara signifikan.
Pretest-Posttest Group Design
R   O1      X   O2
R   O3             O4
    Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random kemudian diberikan pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan anatara kelompok eksperimen dan kontrol. hasil pretest yang baik bila niali kelompok ekperimen tidak berbea secara significan. pengaruh perlakukan
adalah (O2-O1)- (O4- O3).
Diagrams of True Experimental Designs

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca bukunya Prof. Dr.Sugiyono dan segera dapatkan bukunya di Toko-toko Buku terdekat di Kota Anda
Sumber :
Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D
Prof.Dr.Sugiyono
Alfabeta
Bandung
Cetakan ke-12 Februari 2011

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar