Sumber gambar :info.knowledgepointslearning.com
kali ini saya akan sedikit berbagi resume dari sub pokok bahasan sebuah buku terbitan 1992/1993 memah sudah lama ini buku, tpi semoga konten pengetahuanya bisa menambah wawasan kita, postingan ini berkaitan dengan teknik-teknik memberikan motivasi kepada peserta didik dalam pembelajaran sebagai berikut,
- Pernyataan penghargan secara verbal, pernyataan verbal terhadap perilaku yang baik atau hasil kerja yang baik
- Menggunakan nilai ulangan sebagai pemacu keberhasilan, pengetahuan atas hasil pekerjaan merupakan suatu cara untuk meningkatkan motif belajar namun kadang-kadang pengetahuan hasil belajar yang kurang baik pun dapat meningkatkan motif belajar asal dari sana dari sana ia dapat belajar untuk belajar lebih baik.
- Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap suatu hal, masalah atapun objek.
- Memunculkan sesuatu yang tidak diduga oleh peserta didik.
- Menggunakan materi yang dikenal peserta didik sebagai contoh dalam belajar.
- Gunakan kaitan unik dan tak terduga untuk menerapkan suatu konsep dan prinsip yang telah di fahami,
- Menuntut peserta didik untuk menggunakan hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya.
- Menggunakan simulasi dan permainan.
- Memberik kesempatan kepada siswa untuk memperlihatkan kemahiranya di depan umum.
- Mengurangi akibat yang tidak menyenangkan dari keterlibatan peserta didik dalam kegiatan belajar misal kehilangan kepercayaan diri, kecewa, ketidak nyamanan dll
- Memahami iklim kelas dan sekolah
- Memanfaatkan kewibawaan guru secara tepat.
- Memperpadukan motif-motif yang kuat.
- Memperjelas tujuan belajar.
- Merumuskan tujuan-tujuan belajar sementara.
- Memberitahukan hasil kerja yang telah dicapai.
- Menciptakan suasana persaingan sehat antara peserta didik.
- Memberikan contoh yang positif
Sumber Buku
Psikologi Pendidikan
Rochman Natawidjaya
H.A. Moein Moesa
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
1992/1993
Tidak ada komentar:
Posting Komentar